Share Your Knowledge…

Life is Beautiful

Ilmuwan universitas di Inggris memenangkan hadiah Nobel untuk Fisika untuk penemuan ‘graphene’

Leave a comment

Royal Swedish Academy of Sciences mengatakan bahwa eksperimen mereka dengan graphene bisa mengarah pada pengembangan material baru dan ‘pembuatan elektronik inovatif’. Geim, 51, adalah warga negara Belanda sementara Novoselov, 36, memegang kewarganegaraan Inggris dan Rusia. Keduanya merupakan penduduk asli Rusia dan memulai karir mereka dalam fisika sana.

Geim mengatakan dia terkejut dengan pengumuman itu namun berencana untuk kembali bekerja seperti hari biasa.Rencana saya untuk hari ini adalah untuk pergi bekerja dan menyelesaikan kertas yang saya tidak selesai minggu ini, “katanya. “Aku hanya mencoba untuk kekisruhan di seperti sebelumnya.”Profesor Konstantin Novoselov berkata: “Saya benar-benar terkejut ketika aku mendengar berita itu dan pikiran pertama saya adalah pergi ke lab dan memberitahu tim.”Pasangan diekstrak bahan super tipis dari sepotong grafit seperti yang ditemukan pada pensil biasa menggunakan selotip.’Main-main adalah salah satu ciri mereka, orang selalu belajar sesuatu dalam proses dan, siapa tahu, Anda bahkan bisa memukul jackpot, “kata komite dalam rilis.Salah satu milimeter dari grafit sebenarnya terdiri dari 3 juta lapisan graphene ditumpuk di atas satu sama lain, meskipun mereka lemah disatukan.Graphene ditemukan di Manchester University pada tahun 2004. Ini adalah lapisan atom tunggal dari atom karbon terikat dalam jaringan heksagonal.

Ikatan antara atom karbon adalah yang terkuat di alam bebas dan elektron sangat mobile. Hal ini tidak hanya menjanjikan untuk merevolusi semikonduktor, sensor, dan teknologi tampilan, tapi juga bisa menyebabkan terobosan dalam penelitian fisika kuantum mendasar.Hal ini sering digambarkan sebagai kawat ayam skala atom terbuat dari atom karbon dan obligasi mereka.Para ilmuwan percaya suatu hari nanti bisa digunakan untuk membuat bahan melakukan transparan, sensor biomedis dan bahkan sangat ringan, namun kuat, pesawat masa depan.Mirip dengan yang lain nanomaterial penting – nanotube karbon – graphene ini sangat kuat – sekitar 200 kali lebih kuat dari baja struktural.Geim tahun lalu menerima Korber bergengsi Eropa Science Award untuk penemuan kristal dua dimensi yang terbuat dari atom karbon, terutama graphene, universitas tersebut di situsnya.Dikatakan penemuan ‘memiliki potensi untuk merevolusi dunia mikroelektronika’.

Dr Mark Miodownik, Kepala Bahan Research Group, King’s College London, mengatakan: “Penghargaan ini Hadiah Nobel akan membawa senyum ke wajah setiap ilmuwan karena menunjukkan Anda masih bisa mendapatkan Hadiah Nobel oleh mucking tentang di laboratorium .’Profesor Geim dan Novoselov terjadi di graphene, sebuah bahan yang memiliki potensi untuk merevolusi elektronik, dengan menemukan mereka bisa memetik lapisan atom karbon dari jejak pensil menggunakan tidak lebih canggih dari selotip.”Ternyata bahwa siapa pun yang pernah mengadakan pensil bisa menemukan bahan baru ini luar biasa, tapi itu Profesor Geim dan Novoselov yang meluangkan waktu untuk melihat hati-hati. Bravo!’Alasan lain untuk mengakui bahwa sains Inggris adalah sebuah budaya khusus, dikagumi di seluruh dunia untuk orisinalitas dan jenius, dan perlu dipelihara tidak dipotong oleh pemerintah jika mereka ingin mengembangkan teknologi masa depan dan kekayaan di Inggris. “University of Manchester Presiden dan Wakil Rektor Nancy Rothwell berkata: “Ini adalah berita fantastis. Kami sangat senang bahwa kerja Andre dan Konstantin di graphene telah diakui pada tingkat yang sangat tinggi oleh Komite Hadiah Nobel 2010.’Ini adalah contoh yang indah penemuan mendasar berdasarkan keingintahuan ilmiah dengan manfaat praktis, sosial dan ekonomi utama bagi masyarakat. “Profesor David Delpy, Kepala Eksekutif EPSRC, berkata: ‘pekerjaan ini merupakan perkembangan ilmiah yang sangat penting. Sebuah materi baru yang menarik yang memiliki sejumlah besar aplikasi dan tidak diragukan lagi akan membawa manfaat yang signifikan bagi perekonomian Inggris. “The 2010 Nobel Prize pengumuman mulai kemarin dengan penghargaan obat akan peneliti Inggris Robert Edwards untuk pekerjaan yang menyebabkan bayi tabung uji pertama.

Source

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s