Share Your Knowledge…

Life is Beautiful

News is completely manipulated..

10 Comments

Satu kalimat muncul dari Matthew Farrell seorang hacker dari film Die Hard 4. Dan kalimat itu adalah “News is completely manipulated”. Film yang udah lama aku tonton tapi kalimat itu selalu ada dipikiran aku. Setidaknya aku berpikir bahwa tidak smua yang aku baca itu benar adanya. Apalagi berita² di koran, radio, TV, bahkan Internet. “Every single day news is completely manipulated by media, to keep us living in fear” Kalimat selanjutnya yang muncul dari hacker itu. Sebenarnya aku tidak terlalu setuju dengan kalimat itu karena tidak ada yang perlu ditakutkan dari berita, tinggal bagaimana kita menyikapi berita itu.

Siang hari ini aku makan di Warung Makan Mbok Galak, Karang Gayam, Sleman, Jogja dan disana aku membaca surat kabar Kedaulatan Rakyat. Ketika membuka beberapa halaman aku tertarik untuk membaca berita yang berjudul “Wanita cantik tertipu luar dalam!” yup sapa sih yang ga tertarik dengan berita tentang wanita cantik, ditambahi embel2 luar dalamnya itu..hehe.
Berita ini menceritakan seorang wanita cantik yang ditawari pekerjaan seseorang sebagai TKW. Aku ga bisa membayangkan TKW yang cantik karena ya agak aneh, tapi emang ukuran cantik bagi setiap orang itu berbeda. Dan selera orang itu tidak bisa diganggu gugat, selanjutnya kita sebut wanita ini sebagai “wanita cantik” versi penulis beritanya. Ceritanya dimulai ketika wanita cantik itu ditawari pekerjaan seorang laki-laki sebagai TKW. Syaratnya dia harus membayar uang 2 juta sebagai biaya untuk menyalurkan dia ke agen di Jakarta. Setelah itu akhirnya dia dibawa ke Jakarta untuk dipertemukan dengan agen. Bukannya disalurkan ke agen tapi setelah disana dia malah digauli dan akhirnya mengandung bayi. Akhirnya orang tua wanita cantik ini meminta laki-laki ini untuk bertanggung jawab atas kehamilan wanita cantik itu.
Tetapi laki-laki ini tidak bersedia untuk menikahi karena telah mempunyai istri.

Berita itu selesai sampai disitu dan tidak disertai kejadian selanjutnya. Sebagai orang yang “ngeyelan” saya itu misuh2 dalam hati, “Berita apa ini, ga jelas” dan pisuhan yang lain saya sensor karena tidak layak untuk dituliskan disini >_<.
Dan saya berpikir kok bisa berita yang ngga jelas gitu masuk ke kolom koran. Berita yang menurut saya tidak ada pertanggungjawabannya yang bisa dibaca oleh para konsumen. Sebenarnya bukan berita saja yang telah dimanipulasi. Bahkan pelajaran Sejarah saya waktu masih duduk dalam bangku sekolah tentang 7 keajaiban dunia telah dimanipulasi dengan menambahkan Candi Borobudur sebagai candi terbesar di dunia. Saya itu sakit hati sebagai pelajar yang suka belajar malah ditipu mentah² dengan ilmu yang sesat. Dan beberapa hal yang pernah saya alami ini secara alamiah telah membuat diri saya untuk membentuk suatu filter agar tidak langsung percaya dengan omongan orang.

Jika melihat berita di koran, radio, TV, dan internet ternyata itu hanyalah sebagian dari fakta yang ditulis.
Fakta² yang lain ternyata tidak dituliskan untuk menguntungkan pihak² tertentu. Disini saya tidak menghakimi bahwa semua berita yang “ditulis” dan “dirancang” oleh media adalah suatu hal yang tidak patut kita percaya, tapi patut untuk kita kritisi. Oke…hidup mahasiswa…dan hidup yang bukan mahasiswa…demo terus saya dukung dengan doa xD

10 thoughts on “News is completely manipulated..

  1. koran lokal di sini setidak nya isinya lebih banyak dan berwarna dari pada koran lokal di jogja. makanya baca blog ku aja. 100% di manipulasi. hehe..

  2. Saya tidak begitu percaya dengan yang sampeyan tuliskan di sini juga, karena eh karena “News is completely msnipulated”, he he he

  3. Saya sendiri juga tidak percaya dengan apa yang saya tulis… xD

  4. Berita bohong lebih menarik. Lebih bohong lebih menarik. Contohnya: Film.

  5. hemm……….kalau mau yang ga dimanipulasi ya nyari berita sendiri sono…dari jaman belanda ampe sekarang yang namanya berita tu ya dimanipulasi.

  6. kLo ini beRita yang tidak dimanipuLasi
    “beberapa anak Komsi 2004 BELUM LULUS…..

    *kabur…….*

  7. ke ke…
    ga ikut”an..

  8. jgn digosipin pliz…biar artis2 aja yg digosipin… =p

Leave a Reply

